Bahasa IndonesiaEnglish Language
Klinik Hewan (buka jam 9.00 - 21.00) emergency vet service UBUD

Clinic address :
Jalan Raya Andong, Ruko Arya No. 4, Banjar Ambengan, Peliatan, Ubud, Gianyar, BALI
INDONESIA.
Tlp : (0361)970209
House Call Number : 087862082785;
Whatssap : 08113986869

Email : uvetclinicubud@gmail.com
Instagram : uvetclinicubud
Fanpage : Ubud Vet Clinic
Pet Shop Veterinarian Home Visit Hospitalisation Boarding

KUTU PADA ANJING DAN CARA MENGATASINYA

posted on 20 January 2014

Kutu merupakan parasit penghisap darah yang hidup pada tubuh hewan, yang menyebabkan hewan yang terjangkiti akan merasakan gatal dan tidak nyaman. Untuk mengatasi kutu yang sedang menempel pada tubuh hewan, bisa dilakukan dengan suntikan Ivermectin. lakuk

KUTU PADA ANJING DAN CARA MENGATASINYAKUTU PADA ANJING DAN CARA MENGATASINYAKUTU PADA ANJING DAN CARA MENGATASINYA
KUTU PADA ANJING DAN CARA MENGATASINYA

 

Kutu merupakan parasit penghisap darah yang hidup pada tubuh hewan, yang menyebabkan hewan yang terjangkiti akan merasakan gatal dan tidak nyaman. Secara umum, ektoparasit yang satu ini memiliki beberapa keunggulan, yaitu kemampuan bertahan dan adaptasi dalam berbagai kondisi lingkungan, berkembang biak dengan sangat cepat, serta siklus hidup yang unik.

Saat kondisi lingkungan kurang menguntungkan, kutu yang masih dalam bentuk telur akan bertahan hidup di permukaan tanah hingga berbulan-bulan, hingga akhirnya menetas saat cuaca menjadi hangat. Itu sebabnya, kasus serangan kutu terhadap hewan peliharaan lebih sering terjadi saat musim panas tiba.

Setelah menetas, kutu akan mencari inangnya untuk mendapatkan nutrisi yang diperlukan, yaitu dengan cara menghisap darah inangnya tersebut. Dalam kondisi seperti ini, hewan akan menggaruk dan bahkan menggigit tubuhnya sendiri hingga timbul luka di permukaan kulit, yang dalam kondisi ekstrim seringkali menimbulkan infeksi.

Setelah kenyang, dengan sendirinya kutu tersebut akan melepaskan diri dari inangnya, lalu merayap untuk mencari tempat yang nyaman untuk menelurkan hingga 5000 telur dalam satu periode. Telur-telur inilah yang nantinya akan menetas menjadi kutu-kutu muda saat kondisi lingkungan menguntungkan mereka.

Dengan siklus hidup yang demikian dan kemampuan berkembang biak yang sangat cepat serta penyebaran yang tinggi, menyebabkan parasit ini sulit untuk diberantas secara tuntas. Dalam mengatasi permasalahan kutu pada tubuh hewan, dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan mengatasi kutu yang sedang menempel pada tubuh hewan, dan yang kedua dengan cara menghentikan siklus regenerasi kutu yang ada di lingkungan sekitar rumah anda.

Untuk mengatasi kutu yang sedang menempel pada tubuh hewan, bisa dilakukan dengan suntikan Ivermectin, yang merupakan obat anti parasit. Sebaiknya pemberian suntikan ini dilakukan langsung oleh Dokter hewan untuk menghindari efek samping yang merugikan, dan dilakukan pengulangan setiap 2 minggu hingga kasus kutu terhenti. Selain itu, lakukan juga perawatan rutin dengan memandikan anjing menggunakan shampoo anti kutu. Dalam kondisi tertentu, dokter hewan juga dapat menyarankan penggunaan obat tetes "Frontline" atau "Revolution" yang diteteskan di kulit leher bagian belakang.

Untuk mengatasi kutu yang ada di sekitar rumah, cara yang paling sederhana adalah dengan memvakum seluruh karpet, sofa, tempat tidur, gorden, keset, dan material lain yang terbuat dari kain. Setelah bersih, kemudian semprotkan dengan cairan insektisida-desinfektan pada bagian lantai, dinding rumah dan bagian lain yang terbuat dari kain. Salah satu brand cairan insektisida-desinfektan yang direkomendasikan adalah "Mefisto", yang bisa diperoleh di klinik hewan ataupun petshop terdekat. Untuk lantai, cairan desinfektan yang sama digunakan untuk campuran air pel. Proses ini diulangi setiap 2 minggu hingga kasus kutu hilang. Hal yang perlu diingat, bahwa cairan tersebut juga bersifat racun bagi manusia dan hewan, hindari terhirup, kontaminasi dengan mata, kontaminasi dengan hewan yang hidup di air, apalagi sampai tertelan. Penggunaan "Mefisto" sebagaimana yang sering diaplikasikan di Klinik Hewan Ubud, BALI (U-Vet Clinic) sejauh ini sangat efektif dalam memutuskan siklus dan regenerasi kutu, dan tidak merusak furniture maupun finishing bangunan.....SEMOGA BERMANFAAT.