Bahasa IndonesiaEnglish Language
Klinik Hewan (buka jam 9.00 - 21.00) emergency vet service UBUD

Clinic address :
Jalan Raya Andong, Ruko Arya No. 4, Banjar Ambengan, Peliatan, Ubud, Gianyar, BALI
INDONESIA.
Tlp : (0361)970209
House Call Number : 087862082785;
Whatssap : 08113986869

Email : uvetclinicubud@gmail.com
Instagram : uvetclinicubud
Fanpage : Ubud Vet Clinic
Pet Shop Veterinarian Home Visit Hospitalisation Boarding

Mengatasi Anjing Yang Tidak Nafsu Makan

posted on 08 December 2013

Anjing menjadi kurang bernafsu makan dan cenderung menjadi pemilih makanan. Berikut ini kami memberikan beberapa tips untuk meningkatkan kembali nafsu makan anjing anda

Mengatasi Anjing Yang Tidak Nafsu Makan
Mengatasi Anjing Yang Tidak Nafsu Makan

Mungkin anda pernah memiliki pengalaman bersama anjing kesayangan anda, yang tiba-tiba berubah perilakunya saat waktu makan tiba. Dia menjadi kurang bernafsu dan cenderung menjadi pemilih makanan. Berikut ini kami memberikan beberapa tips untuk meningkatkan kembali nafsu makan anjing anda:

1. Cobalah mengganti makanan yang biasa dia konsumsi
Mengkonsumsi makanan yang sama untuk jangka waktu lama tentunya bisa menyebabkan anjing anda bosan, Cobalah untuk menganti brand dog food nya dengan brand lain yang tentunya memiliki rasa yang berbeda. Terkadang, mencampur dog food dengan makanan segar maupun daging kaleng juga sangat membantu untuk mengembalikan nafsu makannya.

2. Periksa bagian dalam mulutnya
Pada beberapa kasus yang kami jumpai, berkurangnya nafsu makan anjing merupakan isyarat terjadinya masalah pada mulut atau giginya. Terjadinya luka pada mulut (biasanya disebabkan oleh tulang yang tajam, atau benda lain), gigi yang baru tumbuh, maupun gigi yang mengalami pengeroposan/berlubang, tentunya akan membuat momen makan siangnya menjadi tidak menyenangkan.

3. Ajak jalan-jalan dan berlari kecil
Jalan-jalan maupun berlari kecil akan menghabiskan banyak energi, sehingga anjing akan merasa lelah dan lapar. Jangan memberikan makanan begitu dia selesai berlari, biarkan dia istirahat sejenak, berikan air minum secukupnya sebelum anjing anda mendapatkan makanannya.

4. Berikan multivitamin
Kebutuhan anda terhadap vitamin tidak jauh berbeda dengan Hewan peliharaan anda. Multivitamin akan membuat kondisi anjing peliharaan menjadi lebih fit dan sehat, yang salah satu indikasinya adalah nafsu makannya

5. Gangguan kesehatan
Ketika mengalami masalah kesehatan seperti: cacingan, masalah pencernaan, terinveksi virus tertentu, gangguan hati, gangguan ginjal, dan gangguan kesehatan lainnya akan membuat hewan kesayangan anda merasa mual, tidak nyaman, tidak bersemangat, dan kehilangan nafsu makan. Jika tips diatas sudah anda lakukan selama 3 hari tanpa ada perubahan, atau jika dia menunjukkan gejala gangguan kesehatan seperti lesu, malas, batuk, pilek, dan suhu badan yang tinggi, maka sebaiknya hewan anda segera dibawa ke klinik hewan untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih teliti tentang penyebab hilangnya nafsu makan si anjing.